Perpaduan antara Agama dan Filsafat
Perpaduan
antara agama dan filsafat banyak terdapat dalam pemikiran Ibnu
Rusyd, diantaranya sebagai berikut:
1)
Doktrin
Keabadian Dunia
Terhadap doktrin keabadian dunia, dia tidak menolak prinsip penciptaan,
tetapi hanya menawarkan satu penjelasan yang berbeda yakni penjelasan para teolog,
Ibnu Rusyd memang mengakui keabadian dunia itu abadi, tetapi pada saat yang
sama membuat perbedaan dunia. Ada dua macam keabadian: keabadian dengan sebab
dan keabadian tanpa sebab. Dunia bersikap abadi karena adanya
suatu kreatif yang membuatnya abadi. Sementara Tuhan abadi
tanpa sebab. Lebih dulunya Tuhan atas manusia tidak terkait dengan
waktu.
a)
Kausalitas
Penting juga untuk dinyatakan tentang pendapat al- Ghazali
mengenai hukum kausalitas. al-Ghazali tidak menerima hukum
kausalitas dengan dua alasan utama. Pertama hukum kausalitas
bertentangan dengan kekuasaan mutlak Tuhan atas dunia. Korelasi
yang dinyatakan sebagai hukum sebab akibat tidak ditopang
oleh pengalaman dan logika. Pengetahuan indera hanya memberi
pengetahuan tentang pernyataan keajaiban dan tidak ada
alasan apapun untuk mengatakan bahwa rangkaian temporal suatu
kejadian menunjukkan proses sebab akibat. Tidak ada sebab
akibat karena semuanya terjadi antara takdir Tuhan. Kalau
Tuhan menghendaki, maka tuntunan kejadianyang selama ini dianggap sesuai sebab
akibat bisa tidak terjadi. Sebagaimana dalam kejadian-kejadian luar biasa, atau yang biasa
disebut dengan mukjizat.
Ibnu Rusyd menjunjung tuduhan dengan menyatakan bahwa tujuan
al-Ghazali untuk memutlakkan kekuasaan Tuhan dengan cara menghapus indra sebab
akibat yaitu kontradiktif. Penolakan ini akan menghancurkan seluruh basis untuk
mengarahkan seluruh proses kejadian di alam kepada Tuhan. al- Ghazali secara
tidak sadar telah menghancurkan satu-satunya dasar logis di atas mana kekuasaan
Tuhan terhadap alam bersandar.
b)
Kekuasaan
Tuhan
Kodrat Tuhan tidak terkait dengan ruang dan waktu, karena
sebelum ada ruang dan waktu Tuhan selalu ada dan tidak akan tidak ada
dalam keabadian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar